Translate

Info

myarchiway.blogspot.com merupakan sebuah blog yang berisikan berbagai pengalaman dan karya-karya yang telah aku hasilkan selama berkuliah di teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada. Blog ini dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman dengan seluruh sobat Gamada dimanapun berada mengenai arsitektur dan kehidupan arsitek

Archi's Chat Box

Followers

Total Pageviews

Friday 3 October 2014

Trio Centralis (Tugas 1 Analisa Tapak)

  
Hallo sobat Gamada!

Kali ini aku mau ngeshare tentang tugas analisa tapak (disingkat antap) yang diambil pada mata kuliah di semester 2 arsitektur UGM. Antap ini adalah mata kuliah yang berfokus kepada desain landscape bangunan dalam skala yang tidak terlalu luas. Oke langsung saja kita masuk ke tugasnya:

Tugas pertamanya adalah mendesain sebuah landscape di antara 2 buah gedung di sebuah fakultas. Kedua gedung ini terdiri dari 4 lantai dan dipisahkan oleh sebuah lahan kosong berukuran 22mx 30m. Di lantai dasar gedung pertama terdapat sebuah kafe. Di lantai dasar gedung kedua terdapat sebuah perpustakaan. Disini kami dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 3 orang dan diminta membuat desain taman yang dapat menampung kegiatan makan minum outdoor (penunjang kegiatan kafe) dan bisa sekalian untuk bersantai sambil membaca buku sambil berdiskusi dan  menikmati pemandangan. Alur sirkulasi antar bangunan juga harus diperhatikan agar tidak terhalang kegiatan.

Di tugas ini, aku dan teman2 mengambil konsep trio centralis yang merupakan perwujudan dari visi dan misi kampus dimana site ini berada. Desainnya memadukan 3 alur sirkulasi di titik pusat berupa monumen dari batu. Disekelilingnya dibuat tempat duduk melingkar seperti amphitheater untuk kegiatan membaca dan diskusi yang dinaungi oleh rindangnya pohon di sekitarnya. Di dekat amphitheater tadi, disediakan meja payung lengkap dengan kursinya di lima titik (melambangkan pancasila kampus ini). Meja payung ini untuk menaungi fungsi kafe outdoornya.

Oke, langsung aja dilihat gambar-gambarnyanya:












0 comments: