Translate

Info

myarchiway.blogspot.com merupakan sebuah blog yang berisikan berbagai pengalaman dan karya-karya yang telah aku hasilkan selama berkuliah di teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada. Blog ini dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman dengan seluruh sobat Gamada dimanapun berada mengenai arsitektur dan kehidupan arsitek

Archi's Chat Box

Followers

Total Pageviews

Monday 29 September 2014

Alfabhet Book Cafe (ABCafe)

Hallo Sobat Gamada!!

Posting kedua setelah vakum setahun
Kali ini kita akan kembali ke masa satu tahun lalu (saat aku semester 2 sesaat setelah MID semester). Saat itu, pada mata kuliah SDA 2, kami diminta untuk mendesain sebuah book cafe yang terletak di dekat lembah UGM. Target konsumennya adalah para mahasiswa yang ingin bersantai di cafe sambil belajar, membaca buku dan berdiskusi.

BTW, ini adalah tugas pertama di arsi UGM yang menuntut untuk mendesain sebuah bangunan lengkap (bukan shelter ataupun instalasi). 


Apa langkah selanjutnya setelah mendapat soal?
Tentu  saja kita harus mencari berbagai referensi (preseden) tentang cafe yang ada di dunia. Cari cafe yang menurut kalian paling bagus, kumpulkan foto-fotonya, coba amati kira-kira apa keunikan dari tiap kafe tersebut. Setelah kalian amati, kemudian imajinasikan kira2 kafe seperti apa yang ingin kalian buat. Tentukan sebuah tema/konsep yang kira2 cocok untuk kafe kalian. Temanya bisa bermacam-macam bisa tema daerah seperti: eropa, jepang, tadisional jawa, padang, dll. Bisa juga tema genre seperti: horor, romance, dll. Pokoknya pikirkan tema unik yang bisa membuat kafe kalian laku dan banyak peminatnya. 

Dalam kasus kali ini, aku memilih tema yang cukup unik yaitu "The Words inside the Book". Disini aku mengimajinasikan bahwa bangunan kafeku adalah sekumpulan buku yang disusun berderetan mulai dari yang kecil ke yang besar. Semua interior dan staff kafe, aku imajinasikan sebagai huruf-huruf yang ada dalam buku tersebut. Alhasil, didapatlah sebuah desain eksterior yang menggunakan bentuk kotak(buku) yang disusun dari kecil ke besar dan penggunaan interior yang semuanya didesain seperti huruf alfabet. Jika kalian jeli, kalian juga bisa menemukan bahwa dari tampak atas, desain kafeku ini terlihat seperti huruf A dan B.

Lanjut lagi, setelah menentukan konsep dan preseden, lakukan survei ke site. Catat semua informasi yang bisa kamu dapatkan di site tersebut. Mulai dari ukuran, sempadan jalan, arah matahari, dll. Gunakan semua informasi yang telah kamu dapatkan tersebut kedalam desainmu. Jangan sampai desain yang kamu buat tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan, karena itu akan mengurangi nilaimu.

Oke, sepertinya sekian dulu postingan kali ini. Berikutnya aku akan kasih lihat ke kalian beberapa foto dari desain kafeku. Enjoy!! ;)









0 comments: