Translate

Info

myarchiway.blogspot.com merupakan sebuah blog yang berisikan berbagai pengalaman dan karya-karya yang telah aku hasilkan selama berkuliah di teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada. Blog ini dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman dengan seluruh sobat Gamada dimanapun berada mengenai arsitektur dan kehidupan arsitek

Archi's Chat Box

Followers

Total Pageviews

Saturday 16 February 2013

Ospek Jurusan (Osjur) Archiplan 2012

Hallo sobat GAMADA!!

Sekarang, mas admin pengen menceritakan tentang pengalaman mas admin dan teman-teman saat ospek jurusan Archiplan 2012. Kalian udah pada tahu kan apa itu osjur? Osjur adalah masa orientasi (pengenalan) mahasiswa baru.  Untuk prodi Arsitektur dan prodi perencanaan wilayah dan kota (PWK), osjurnya digabung karena berada di jurusan yang sama yaitu JUTAP (Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan). Ospek kami tahun 2012 lalu di kenal dengan nama SKALA 51 (Semangat Kebersamaan Arsitektur dan Planologi angkatan ke 51).

Berbeda dengan osjur yang kalian alami saat SMA dulu, osjur di bangku kuliah ini lebih menyenangkan dan tentu saja lebih capek karena banyaknya tugas yang diberikan kakak angkatan.

Ospek jurusannya pakai kekerasan gak mas?
Biasanya di teknik itu memang ada beberapa jurusan yang menggunakan sedikit kekerasan untuk menguji mahasiswa barunya. Tapi tidak dengan JUTAP. Meskipun JUTAP adalah bagian dari teknik, JUTAP tidak pernah menggunakan kekerasan dalam setiap osjurnya. Kalaupun ada kekerasan, paling cuma berupa bentakan dengan suara keras saja. hehehe...


Sebelum mengikuti SKALA 51, kami mendapat banyak sekali tugas dari kakak angkatan. Tugasnya ada yang berupa tugas kelompok (campur arsi dan pwk), ada yang tugas arsi saja, dan ada pula yang tugas pwk saja. Salah satu tugas yang paling berat adalah buku kakak angkatan. Kami diminta untuk mewawancarai kakak angkatan dari 2011 sampai 2009 baik arsi maupun pwk, minimal 3 orang tiap angkatan. Kami harus minta berfoto bersama dengan mereka dan minta tanda tangannya. Tidak hanya kepada kakak angkatan, kami juga harus melakukan hal yang sama kepada 5 orang staf dan pegawai JUTAP. Dijamin seru abis saat ngumpulin tanda tangan dan foto bareng kakak angkatan kami kemarin.

SKALA 51 kami diadakan selama 3 hari.

Hari pertama, SKALA 51nya diadakan di inercourt (pekarangan) JUTAP. Hari pertama ini, kami disuruh memakai kostum sesuai dengan undian yang telah kami cabut perkelompok pada hari sebelumnya. Kostomnya macam-macam dan gokil semua. Ada yang dapat kostum orang gila, ada kostum pirates, kostum tentara, kostum rakyat jelata, kostum suporter bola, dll. Semakin gokil kostumnya, maka semakin tinggi kesempatan memenangkan penghargaan kostum terbaik.
Pada hari pertama ini, kami berkeliling JUTAP dan mengunjungi pos-pos kakak angkatan arsi dan pwk mulai dari tahun 2011 sampai 2008. Di tiap pos, kami mengikuti games dan harus meneriakkan yel-yel kelompok.

Hari kedua acaranya adalah jalan-jalan keliling Jogja dengan sepeda sambil membagikan bibit tanaman ke masyarakat sekitar. Kami jalan-jalan dari pagi sampai skitar jam 3. Selanjutnya, kami harus menampilkan penampilan kelompok yang sudah diundi juga sebelumnya. Ada yang nampil akustikan, ada yang cerita rakyat, ada yang nari, ada yang jadi boyband, ada yang jadi girlband, pokoknya banyak yang gokil dan seru abiss...

Hari ketiga kami keliling JUTAP lagi. Tapi sekarang, kami mengunjungi pos-pos UKMnya JUTAP (semacam ekskul di SMA). Setelah itu, kami lanjut ke Malioboro. Kami mengelilingi daerah sekitar malioboro yang banyak bangunan-bangunan uniknya. Malamnya, kami mengikuti acara penutupan osjur yang diisi oleh band-band arsi dan pwk. Pokoknya osjurnya JUTAP is the best deh... Acaranya seru-seru, gak ada kekerasan, dan semakin mempererat tali silaturahmi antar sesama keluarga JUTAP.

Ini mas kasi lihat foto-foto mas saat osjur kemarin:







Hahaha...
Maaf ya sobat gamada, ternyata setelah mas admin cek, yang ada hanya foto untuk buku kakak angkatan dan foto kostum tentara. Padahal sebenarnya sangat banyak kejadian yang menarik untuk difoto, tapi karena waktu osjur gak boleh bawa hp, yaa apa boleh buat deh :)
 

0 comments: