Translate

Info

myarchiway.blogspot.com merupakan sebuah blog yang berisikan berbagai pengalaman dan karya-karya yang telah aku hasilkan selama berkuliah di teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada. Blog ini dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman dengan seluruh sobat Gamada dimanapun berada mengenai arsitektur dan kehidupan arsitek

Archi's Chat Box

Followers

Total Pageviews

Friday 15 February 2013

Pendidikan Kewarganegaraan

Hallo sobat GAMADA!!

Pendidikan Kewarganegaraan ini bisa dikatakan hampir sama dengan pendidikan pancasila. Mereka sama-sama termasuk mata kuliah umum dan sama-sama ditempatkan di KPFT. Bahan pengajarannya juga hampir sama dengan pelajaran kewarganegaraan di SMA kemarin. Bedanya, saat kuliah ini, kita dituntut untuk lebih aktif dalam berargumen di dalam kelas.

Pendidikan kewarganegaraan ini adalah mata kuliah yang bertujuan agar para mahasiswa Universitas Gadjah Mada dapat menjadi warga negara Indonesia yang baik. Baik disini maksudnya mengerti dan melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan UUD RI. Selain itu, kita juga secara tidak langsung diminta untuk bisa membanggakan bangsa Indonesia di mata dunia kelak ketika kita sudah menjadi orang-orang yang berhasil.


Sistim pembelajaran yang digunakan pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan ini biasanya adalah sistim presentasi yang dilakukan oleh para mahasiswa yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap minggu, biasanya menampilkan 1 kelompok dengan materi yang berbeda-beda. Kelompok yang mampu menarik perhatian audiens dan mampu menjelaskan materi dengan baik akan mendapatkan nilai yang tinggi.

Untuk UTS dan UAS, biasanya soal-soal yang diberikan dosen banyak yang menanyakan pendapat kita tentang masalah-masalah sosial politik (kewarganegaraan) yang sedang berlangsung saat itu. Jadi, kunci sukses untuk mengerjakan soal ujiannya adalah perbanyak wawasan sosial politik (kewarganegaraan) kalian dan pandai-pandailah mengarang jawaban yang disukai dosen. hehehe... :)

0 comments: