Translate

Info

myarchiway.blogspot.com merupakan sebuah blog yang berisikan berbagai pengalaman dan karya-karya yang telah aku hasilkan selama berkuliah di teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada. Blog ini dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman dengan seluruh sobat Gamada dimanapun berada mengenai arsitektur dan kehidupan arsitek

Archi's Chat Box

Followers

Total Pageviews

Saturday 16 February 2013

Tugas 2 Kelompok Struktur dan Konstruksi 1

Sobat GAMADA, sekarang mas admin ingin membagikan sedikit pengalaman tentang tugas kelompok kedua mas admin di mata kuliah Struktur dan Konstruksi 1. Tugas SK1 kali ini, kami diminta untuk membuat sebuah penyangga buah kelapa dari kertas koran yang digulung. Bayangkan, kertas koran yang sangat lemah dan sangat mudah bengkok, digunakan untuk menyangga buah kelapa yang beratnya sekitar 4 sampai 5 kg. 

Awalnya kami juga sangat bingung bagaimana cara mengakali kertas koran selemah itu agar menjadi kuat untuk menahan berat kelapa. Tapi, setelah kami coba, akhirnya kami bisa menemukan inspirasi bagimana cara mengakalinya. 

Inilah gambar hasil rancangan penyangga kelapa buatan kelompok kami:



Selain itu, ada juga penyangga kelapa rancangan kelompok lain:




Ini adalah cuplikan saat pengujiannya:












Di foto di atas, kelihatannya semua penyangga kelapa kuat menahan beban kelapa. Tapi pada kenyataannya, ada beberapa yang tidak kuat dan menjadi bengkok. :)

0 comments: