Translate

Info

myarchiway.blogspot.com merupakan sebuah blog yang berisikan berbagai pengalaman dan karya-karya yang telah aku hasilkan selama berkuliah di teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada. Blog ini dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman dengan seluruh sobat Gamada dimanapun berada mengenai arsitektur dan kehidupan arsitek

Archi's Chat Box

Followers

Total Pageviews

Wednesday 13 February 2013

Struktur dan Konstruksi 1

Sobat GAMADA, mata kuliah struktur dan konstruksi 1 ini menurut mas admin adalah sebuah mata kuliah yang sangat menyenangkan dan sangat membutuhkan kerja sama tim yang sangat baik. Mengapa demikian? Karena pada mata kuliah yang satu ini, kita lebih banyak bekerja di dalam sebuah kelompok, dibandingkan kerja sendiri. Sampai-sampai kelompok kita tersebuat akan menjadi seperti keluarga kita sendiri karena terlalu sering bersama-sama mengerjakan tugas. Selain itu, mata kuliah ini juga memiliki jumlah sks yang cukup banyak bila dibandingkan dengan mata kuliah lainnya, yaitu 3 sks.



 Di mata kuliah ini, kita akan membuat maket-maket yang ukurannya cukup besar secara berkelompok. Selanjutnya, maket-maket ini akan diuji. Cara pengujiannya bermacam-macam sobat GAMADA. Ada yang dijatuhkan dari lantai 3, ada yang di timpa beban seberat 5-10 kg, ada yang ditarik oleh 6 orang secara bersamaan dan banyak lagi cara pengujian yang cukup ekstrim. Biasanya pada saat pengujian merupakan saat yang sangat menakutkan dan mendebarkan bagi para arsitek muda seperti kami. Bayangkan, maket yang sudah susah payah kita buat bersama-sama selama 1-2 minggu hancur berkeping-keping saat diuji. T_T  Semakin tahan suatu maket setelah di uji, makin tinggi pula nilai yang diberikan dosen.

Selain membuat maket, di mata kuliah ini kita juga disuruh untuk membuat cukup banyak portofolio secara individu. Portofolio ini biasanya berisi contoh-contoh penerapan struktur bangunan pada bangunan sehari-hari. Tidak hanya itu, di mata kuliah ini kita juga diajari menggunakan penggaris secara baik dan benar untuk menggambar gambar teknik. Pada tahun kami kemarin, kami diminta untuk membuat gambar teknik berupa susunan dinding batu bata.
Meskipun pada mata kuliah ini sangat banyak praktiknya, ujian tengah semester(uts) dan ujian akhir semester(uas)nya tetap teori. Jadi kita juga tidak boleh melupakan teori strukturnya. :)


 

2 comments:

  1. emang kita disuruh buat maket yg seperti apa? kok pengujiannya ekstrim sekali? apa bisa ga ancur itu min?

    ReplyDelete
  2. Min boleh minta emailnya gk? Aku mau tanya2 nih seputar jurusan arsitek di UGM. makasih

    ReplyDelete